membersihkan radiator mobil

Cara Membersihkan Radiator Mobil

by Ika Novi on March 21, 2013

Radiator merupakan sebuah komponen penyeimbang antara kinerja serta temperature mesin yang ada pada sebuah mobil. Perawatan yang intensif termasuk cara membersihkan radiator mobil yang rutin sangat diperlukan agar performa mobil anda tetap terjaga dengan baik. Jika anda mengabaikan hal ini maka sudah pasti akan terjadi overheating yang dapat menyebabkan mesin mogok disaat anda sedang menempuh sebuah perjalanan.

Promosuzuki.com punya tips kepada para pemilik mobil yang tak hanya merk Suzuki saja, namun juga berguna untuk brand lainnya tentang bagaimana cara membersihkan radiator mobil yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini :

Pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan kunci pas atau juga kunci ring dengan ukuran 10, 12 dan 14 serta obeng plus dan minus. Peralatan lainnya yang perlu disiapkan adalah kain lap dan juga cairan pembersih lantai keramik (ini sebagai alternatif jika anda tak memiliki Master Radiator Super Flush.

Setelah semua perlatan diatas disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuka atau melepaskan radiator dan yang perlu anda lakukan adalah mengeringkan air yang terisi pada radiator tersebut. Pada bagian bawah radiator biasanya ada selang air, nah disitu anda perlu mengikatnya dengan karet gelang. Setelah diikat silahkan tuangkan cairan pembersih lantai yang sudah anda siapkan tadi melalui lubang radiator secukupnya. Tunggu beberapa saat hingga kristal-kristal yang menyumbat sekat radiator anda hilang atau rontok lalu lepaskan garet gelang yang telah anda ikat pada selang pembuangan agar cairan tersebut keluar. Lalu bilas dengan air hingga bersih dan jangan lupa untuk memastikan bahwa busa-busa yang dihasilkan oleh cairan pembersih tadi telah menghilang.

Dengan menghilangnya kotoran yang melekat pada sekat radiator, maka sirkulasi udara pada area didalam radiator menjadi lancar dan tentu saja akan menstabilkan temperatur didalamnya. Setelah bagian dalam sudah dibersihkan, ada baiknya anda juga membersihkan bagian luar khususnya pada bagian sirip radiator itu sendiri dan hal ini perlu rutin dilakukan kurang lebih seminggu sekali. Sedikit berbeda dengan bagian dalam, untuk membersihkan kisi-kisi radiator yang perlu disiapkan adalah ember, cairan sabun atau shampoo yang telah dicampur dengan air bersih, kawat besi dan juga sikat.

Saat anda membersihkan, sikatlah kotoran semua kotoran yang terlihat dan juga luruskan kembali sekat yang bengkok dengan kawat besi yang sudah anda siapkan sebelumnya. Setelah semuanya selesai bilaslah dengan air bersih, keringkan, lalu pasanglah kembali radiator pada tempat dimana anda buka sebelumnya.

Cara membersihkan radiator mobil seperti ini memang sangat simple dan tak menelan biaya yang banyak seperti halnya anda melakukannya di bengkel atau service center mobil anda, karena semua bahan dan alat yang perlu dipersiapkan pasti anda tak kesulitan untuk mendapatkannya.

Leave a Comment

 

Previous post:

Next post: