Post image for Tips Merawat Mobil Ala PromoSuzuki

Tips Merawat Mobil Ala PromoSuzuki

by Ika Novi on January 14, 2013

Mobil pribadi sudah menjadi bagian hidup penting yang menemani kegiatan sehari-hari masyarakat perkotaan. Untuk itu tips merawat mobil ini ada baiknya anda terapkan pada kendaraan yang anda gunakan untuk aktivitas anda sehari-hari. Di balik semua keuntungan dan kemudahan transportasi yang didapat, pemiliknya dituntut untuk memberikan perawatan agar feedback fungsional kendaraan tetap terjaga. Pemahaman yang baik terhadap kondisi kendaraan sendiri, dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan percaya diri saat mengedarainya.

Kesan yang sama tidak akan dirasakan ketika mengemudi mobil rental yang notabene aspek maintenance menjadi tanggung jawab provider. Bagian mesin adalah jantung sebuah kendaraan dan membutuhkan perhatian serius. Dengan merawat dan membersihkannya secara berkala, segala kerusakan atau gejala malfungsi bisa segera diketahui. Hal ini dapat mencegah kondisi kronis yang mengakibatkan mesin tidak dapat berjalan sesuai fungsinya.

Kebiasaan ke salon mobil untuk membersihkan dan merawat mesin sebenarnya, selain menguras kas pribadi, juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Padatnya lalu lintas perkotaan di hari libur, apalagi saat hari kerja, mengakibatkan pemborosan waktu ketika melaju dari rumah atau kantor ke salon mobil.

Belum lagi antrian panjang yang terjadi. Padahal, setiap pemilik mobil pribadi bisa melakukannya sendiri di rumah. Pengecualiannya hanya untuk mobil-mobil berkarakter khusus yang memerlukan penanganan ekstra, seperti model built up dan made by order.

Waktu yang dibutuhkan pun relatif singkat. Peralatan dan zat pembersih mudah ditemukan di tempat-tempat penjualan accesories dan bengkel terdekat, atau alat sederhana dan bekas pakai yang ada di rumah. Keuntungan yang diperoleh bisa lebih banyak karena penghematan biaya, waktu, dan pemahaman yang baik atas mesin mobil.

Perawatan mesin secara pribadi memberikan hasil yang tidak kalah mengkilap dengan perawatan salon. Bersihkan terlebih dahulu komponen-komponen standar seperti blok mesin, kabel busi, ruang dan badan mesin, serta bagian kepala silinder sampai dengan penutup saringan udara. Bagian-bagian itu perlu dirawat agar terbebas dari debu, kerak, dan korosi yang bisa menggerogoti bagian lain mobil.

Sebagai bagian luar dari badan mesin, kondisi komponen tadi bisa mempengaruhi kinerja mesin jika terjadi pengerakan dan korosi yang akut. Untuk membersihkannya, gunakan zat pembersih dan alat sederhan, antara lain engine degreaser, batu ijo atau sabun colek, compound, wax, minyak tanah, sikat gigi bekas, kuas, dan lap.

Khusus untuk perangkat AC dan Alternator, dibutuhkan kehati-hatian dan perhatian ekstra. Hindarkan kontaminasi langsung alternator dengan air atau bahan yang bersifat cair dan zat kimia karena bisa merusak kumparan yang ada di bagian dalamnya. Hal yang sama juga berlaku untuk AC. Jika terjadi perembesan maka akan merusak bagian piston pada AC.

Proses pembersihan dapat dimulai dengan memakai kain katun bersih untuk membersihkan semua bagian luar mesin, yang relatif lebih mudah. Setelah itu, baru beralih ke bagian-bagian lain yang membutuhkan perawatan ekstra.

Tahap berikut dilakukan dengan membersihkan blok mesin bagian bawah. Larutan batu ijo yang sudah dicampur minyak tanah dioleskan ke seluruh bagian blok. Tunggu beberapa saat sampai larutan mengikat kotoran dan kerak, lalu bersihkan dengan menggunakan kain katun bersih. Alternatif lain dilakukan dengan pembersihan memakai Engine Degreaser sesudah itu dilapisi sabun colek untuk memperhalus permukaan blok mesin. Tips merawat mobil ini bukan hanya bagi pemiliki mobil Suzuki saja, namun juga dapat diterapkan pada semua kendaraan pribadi.

Selain itu, dapat juga dilakukan menggunakan sikat halus atau bekas sikat gigi yang sudah dilapisi sabun. Penggunaan kuas cat atau kuas lukis diaplikasikan pada bagian-bagian yang sulit dijangkau. Sementara perangkat-perangkat lain, seperti Kepala Silinder, Tutup Karburator, dan Saringan Udara dibersihkan dengan Wax serta Lap kain yang berpori.

Oleskan wax secara menyeluruh ke bagian-bagian tersebut kemudian dibersihkan dengan kain lap berpori tadi sehingga dapat mengangkat kotoran sekaligus menghindari goresan. Tips merawat mobil ini direkomendasikan kepada agar anda mengetahui secara pasti cara membersihkan dan merawat mesin, minimal setiap 3 bulan sekali sehingga tetap awet dan terawat baik.

Previous post:

Next post: